Traffic Light dengan Raspberry Pi

Traffic Light dengan Raspberry Pi

Traffic Light dengan Raspberry Pi

  • Posted by anarobo
  • On July 16, 2020

Membangun sebuah percontohan sistem automation control tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dalam kesempatan kali ini kami membuat simulasi traffic light dengan menggunakan Raspberry Pi Model 3B+ yang dirangkai dengan sejumlah kabel konektor di struktur berbasiskan Lego.

Traffic light ditempatkan di jalan utama dan jalan sekunder, dengan tujuan agar dapat mengatur lalu lintas kendaraan sesuai dengan urutan hidup mati lampu pada masing-masing traffic light. Dalam simulasi ini terdapat 3 buah tombol, yang pertama adalah tombol untuk pedestrian di traffic light utama yang berfungsi untuk memberikan sinyal input ke sistem bahwa ada penyeberang jalan akan memerlukan akses ke jalan raya, sehingga lampu merah di sisi ini harus menyala. Sementara itu tombol serupa juga disediakan di traffic light untuk jalan sekunder dengan fungsi yang kurang lebih sama.

Kemudian ada satu tombol reset yang berfungsi untuk mereset semua lampu di traffic light untuk memulai urutan logika dari awal. Jika tombol ini ditekan maka lampu kuning di kedua traffic light akan berkedip dan itu pertanda sistem akan restart urutannya dari awal.

Berikut contoh-contoh lain dari sistem traffic light berbasiskan lego dan Raspberyy Pi,